SERASA JADI TONY STARKS DENGAN MICROSOFT HOLOLENS


Tau film Ironman? Itu loh film yang menampilkan armor robot paling canggih di dunia yang menempel pada Tony Stark. Dalam setiap penelitiannya, Tony berkomunikasi dengan komputer pintar bernama Jarvis dengan teknologi hologram. Panel-panel muncul dimana-mana dan Tony hanya cukup menggerakan gestur jari, tangan dan tubuh saja untuk berinteraksi dengan panel-panel hologram tersebut.

Teknologi hologram memang digadang-gadang sebagai teknologi komunikasi masa depan. Mungkin pertamakali teknologi ini muncul pada film Starwars dimana Princes Leila berkomunikasi dengan Jedi dengan menggunakan hologram. Keduanya dapat saling melihat satu sama lain. Dan kemudian cita-cita hologram ini muncul dalam lensa besutan dari Microsoft bernama Hololens.

Dengan menggunakan kacamata ini, penggunannya bisa menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual hologram. Dan ya, semua yang terlihat hologram hanya dapat dilihat dengan menggunakan kacamata ini.
Tidak seperti VR yang menampilkan gambar yang menutup dunia nyata yang kita lihat. Microsoft Hololens ini menggabungkan penglihatan dunia nyata dengan hologram yang dibuat oleh hololens ini.

Ada tiga cara untuk berkomunikasi dengan alat ini. Pertama, dengan gerak kepala. Atau lebih dikenal dengan gaze, Dengan built-in sensors akan membantu penggunanya membaca gerak kepala yang akan diinterpretasikan dalam bentuk cursor.

Kedua, dengan menggunakan gestur yang sederhana, seperti mengatupkan telunjuk dengan ibu jari. Ini seperti click pada mouse. Bisa untuk membuka aplikasi, memilih ukuran benda dan melakukan perinta drag n drop.


Ketiga, ini yang sepertinya standar penggunaan teknologi yang sudah canggih. Ya dengan menggunakan voice command. Cukup cuap-cuap saja bisa keluar deh apa yang diinginkan.

Kebayang gak kalau seluruh manusia di masa mendatang sudah menggunakan perangkat mix reality semodel Microsoft Hololens ini? Komunikasi memang semakin mudah. Tapi... hanya yang menggunakan Hololens ini saja yang akan mengerti. Yang lain, mungkin cuma melongo saja melihat tingkah kita yang menggunakan Hololens.

No comments:

Post a Comment

MERUBAH IPHONE MENJADI "HANHELD GAME CONSOLE"

Masih ingat soal boomingnya PSP alias Play Station Portable beberapa waktu lalu? Sepertinya seiring dengan semakin populernya  smartphone , ...