Indosat Menyerah dari Bisnis Digital, Bagaimana Operator Lain?

Beberapa saat lalu, operator telekomunikasi Indosat menyatakan menyerah dari bisnis digital karena pertumbuhannya dianggap tak sesuai harapan. Hal ini berbeda dengan operator telekomunikasi lain yang justru semakin gencar masuk ke bisnis digital.
Baru-baru ini Hutchitson 3 Indonesia (Tri) merilis aplikasi mobile bertajuk “Bima+” yang merupakan layanan hiburan all-in-oneuntuk musik, film, hingga e-commerce. Tak cuma Tri, XL Axiata dan Telkomsel pun optimis untuk terus mengembangkan bisnis digital.
CEO XL Axiata, Dian Siswarini, mengakui bahwa bisnis digital belum berkontribusi banyak terhadap pendapatan perusahaan. Ia pun berdalih hal tersebut wajar karena XL Axiata baru memasuki tahun keempat terjun ke bisnis digital.
“Kalau bisnis digital itu paling tidak butuh waktu 7 sampai 8 tahun beroperasi baru bisa menghasilkan duit. Amazon aja make money waktu tahun ke-8,” kata Dian.
Bisnis digital XL Axiata antara lain layanan e-commerce Elevania, layanan uang elektronik XL Tunai, dan layanan iklan digital Adreach. Saat ini bisnis digital tersebut baru menyumbang 5 persen ke pendapatan total XL Axiata, berbeda dengan data yang kontribusinya mencapai 65 persen.

No comments:

Post a Comment

MERUBAH IPHONE MENJADI "HANHELD GAME CONSOLE"

Masih ingat soal boomingnya PSP alias Play Station Portable beberapa waktu lalu? Sepertinya seiring dengan semakin populernya  smartphone , ...