AWAS RANSOMWARE WANNACRY MENYERANG! BEGINI PENCEGAHANNYA

Muncul virus anyar yang menggemparkan dunia baru-baru ini, dunia teknologi khususnya. Disebut serangn ini sebagai serangan teroris siber karena penyebaran masif, merusak dan merugikan. Menurut Dirjen Aplikasi Kominfo, Semuel A, serangan ini berjenis ransomware.

Eh sebentar, kamu pernah merasakan serangan serangan virus semacam ini? Saya pernah merasakannya. Mungkin sekitar medio 2005 lalu. Kami satu ruangan sedang asyik bermain DoTA. Tiba-tiba satu persatu komputer mati mendadak. Semua blank! Ya mau tidak mau ritual bermain DoTA berhenti dan kami kemudian melakukan ritual install ulang berjamaah.

Oke, balik lagi ke soal ransomware. Menurut Semmy, Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Asem ya? Teman saya sedang kena nih. Sekarang lagi sibuk backup data.

Ransomware jenis Wannacry yang menyerang sekarang ini menginfeksi dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB bisa melakukan eksekusi perintah lalu menyebar ke computer windows lain pada jaringan yang sama. Semua komputer yang tersambung ke internet yang masih memiliki kelemahan ini apalagi komputer yang berada pada jaringan yang sama memiliki potensi terinfeksi terhadap ancaman Wanncry.

Kenapa diberinama Ransom? Karena di Amerika sana ketika komputer terkena virus ini, mereka meminta tebusan (ransom) dengan bitcoin yang setara dengan US$300. Lumayan ya?

Pencegahan :

  1. Cabut Kabel LAN/Wifi
  2. Lakukan Backup Data
  3. Update Anti-Virus
  4. Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoct. Lihat : https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx
  5. Jangan mengaktifkan fungsi macros
  6. Non aktifkan fungsi SMB v1
  7. Block 139/445 & 3389 Ports
  8. Ulangi, selalu backup file file penting di komputer anda dan di simpan backupnya ditempat lain
Oh iya, untuk menonaktifkan SMB bisa ikuti cara berikut :

1. Buka control panel, masuk ke layanan Program.


2. Pilih window features

3. Pastikan SMB unchecklist


Tapi kalau sudah terlanjur kena ya selamat berjuang dengan install ulang dan siapkan mental untuk mengikhlaskan data-data yang ada. Karena saat ini belum ada cara untuk recovery-nya.

No comments:

Post a Comment

MERUBAH IPHONE MENJADI "HANHELD GAME CONSOLE"

Masih ingat soal boomingnya PSP alias Play Station Portable beberapa waktu lalu? Sepertinya seiring dengan semakin populernya  smartphone , ...